Kuliah ke Luar Negeri: Begini Urutan Proses dan Urutan Dokumen yang Dibutuhkan

Flickr: Alexandra E Rust
Saya pernah membahas tentang langkah-langkah kuliah ke luar negeri di halaman ini:

Langkah-Langkah Kuliah ke Luar Negeri: Dari A-Z

Berikut penjelasan lebih lengkap tentang dokumen yang harus dimiliki dan alur proses untuk berkuliah ke luar negeri:

1. Letter of Acceptance (LoA) Unconditional
Sebagian kampus menyebutnya Letter of Offer. Ini merupakan bukti penawaran dari universitas tujuan untuk berkuliah di tempat mereka. LoA didapatkan setelah memenuhi syarat-syarat pendaftaran. Artinya, mendaftar dulu di universitas tujuan untuk mendapatkan LoA. 

Sebagian universitas membutuhkan ujian masuk. Sebagian yang lain hanya membutuhkan syarat kemampuan bahasa asing, transkrip nilai, dan ijazah terakhir. Cek bagian admission requirement yang terdapat pada website kampus. Syarat pendaftaran ini juga bervariasi tergantung course/program yang dipilih. Ini contoh halaman admission untuk program Graduate Internasional Student di University of Melbourne:


Sebagian pelamar bisa memiliki LoA lebih dari satu, diidapat dari berbagai universitas. Ini artinya, mereka mendaftar ke banyak universitas. Setelah itu, tinggal pilih mau kuliah dimana dengan menyutujui salah satu LoA yg dimiliki. 

LoA ini tidak terikat dengan beasiswa maupun kampus. Sifatnya hanya penawaran dari kampus tujuan. Namun, LoA memiliki waktu expired. Waktu expired-nya tergantung saat kita memulai kuliah. Jika saat mendaftar dipilih satu tahun kemudian baru mulai kuliah, maka LoA-nya expired setahun kemudian. 

Namun, pada kasus tertentu, LoA juga dapat diperpanjang satu semester atau lebih. Ini kemungkinan juga bervariasi pada masing-masing universitas. Jika LoA telah expired dan Anda mendapatkan beasiswa setelahnya, anda harus mendaftar dari awal lagi. Lebih lanjut tentang LoA saya bahas disini:


2. Confirmation of Enrolment (CoE)
Ini adalah surat yang menyatakan kita sudah diterima untuk berkuliah. Untuk mendapatkan CoE dibutuhkan LoA Unconditional dan bukti kesanggupan pembayaran tuition fee. Pada LoA Unconditional biasanya juga dilampirkan formulir untuk menerima LoA tersebut dan petunjuk pembayaran yang harus dilakukan. 

Untuk memenuhi pembayaran tuition fee, bagi penerima beasiswa LPDP, Anda hanya cukup menunjukkan Letter of Guarantee atau Letter of Sponsorship dari LPDP. Waktu penerimaan CoE berkisar dari hitungan hari hingga satu minggu —tergantung kampusnya. Ini dihitung dari saat kita mengirim formulir dan bukti kesanggupan yang tercantum dalam LoA Unconditional. 

Saya mendapatkannya dari University of Melbourne dalam waktu satu minggu. Namun, jika dihitung dari mendaftar hingga diterima secara resmi (mendapat CoE) di University of Melbourne, totalnya saya membutuhkan waktu sekitar satu tahun.

3. Visa
Visa dibutuhkan untuk masuk ke negara tujuan. Visa student umumnya lebih mudah didapatkan dibandingkan visa lainnya. Visa ini diurus ke kedutaan negara tujuan. Namun, sebagian visa di Indonesia dapat diurus lewat agen pendidikan, seperti Edlink, IDP, maupun Sun Education. 

Untuk mendapatkan visa student, Anda bisa menggunakan LoA Unconditional. Namun, syaratnya sangat ribet. Jadi, sebaiknya mendaftar visa dilakukan setelah mendapatkan CoE. Saya membutuhkan waktu satu bulan dari saat menerima LoA Unconditional (bukan dari saat mendaftar) hingga mendapatkan visa. 

Lama visa yang kita dapatkan umumnya sesuai waktu kuliah yang tercantum di CoE. Namun, masing-masing negara tujuan studi kemungkinan memiliki perbedaan kebijakan. Untuk visa Australia, jangka waktu visa saya dilebihkan dua bulan dari batas akhir kuliah yang tercantum di CoE. Kemungkinan agar memiliki waktu untuk menghadiri wisuda dan menyelasaikan urusan di kampus setelah lulus kuliah. Visa ini umumnya bersifat multi-entry. Artinya, kita bisa bolak-balik negara tujuan selama dalam jangka waktu studi. 

Lebih lanjut, saya juga sudah membangun Fan Page Tips Kuliah dan Beasiswa - Tikus.Net. Saya memberikan tips kuliah dan cara mendapatkan beasiswa secara singkat di Fan Page tersebut. Ini untuk menyisiati waktu update blog dan memudahkan komunikasi dengan pembaca blog ini. Selain lewat kolom komentar dibawah, Anda juga bisa mengontak saya lewat Fan Page. Alamatnya disini:

*Jika ingin berdiskusi lebih mendalam bisa dengan menuliskan di kolom komentar. Saya menggunakan Disqus agar komentar lebih mudah ditelusuri. Lebih lanjut bisa juga dengan men-follow Twitter @tikusnet dan like fan-page Tikus.Net. Subscribe e-mail anda pada kotak dibawah untuk terus mendapatkan update blog ini.


Kuliah ke Luar Negeri: Begini Urutan Proses dan Urutan Dokumen yang Dibutuhkan Kuliah ke Luar Negeri: Begini Urutan Proses dan Urutan Dokumen yang Dibutuhkan Reviewed by heru handika on Desember 19, 2016 Rating: 5
Diberdayakan oleh Blogger.