Beasiswa LPDP: Pelamar Seperti Apa yang Dicari?

Ini beberapa pertanyaan yang muncul dari calon pelamar. Saya coba berikan jawabannya. Ini akan membantu anda mulai dari akan mendaftar hingga seleksi substansi —sebelumnya dikenal seleksi wawancara.

Kemana Bertanya?
Jangan bergantung ke satu orang. Awardee LPDP ada ribuan. Masing-masing mereka punya pengalaman tersendiri. Pastinya, cara mereka dulu belum tentu berhasil jika diterapkan sekarang. Anda harus tahu, LPDP itu lembaga yang dinamis. Mereka selalu mengadakan perbaikan. Mereka memonitor perkembangan kami awardee. Kekurangan sistem penyeleksian, yang menghasilkan awardee yang sebenarnya tidak sesuai kriteria mereka, akan diperbaiki di seleksi berikutnya. 

Banyaklah bertanya. Telusuri blog-blog yang ditulis awardee. Biasanya mereka menulis pengalaman mereka. Ambil pelajaran darinya. Anda tak perlu meniru mereka. Jadilah diri sendiri. Karena seperti yang saya sampaikan sebelumnya, cara dan pola yang dulu berhasil bagi mereka untuk mendapatkan beasiswa ini, belum tentu berhasil jika anda terapkan untuk pendaftaran sekarang.

LPDP Mencari Pemimpin, Pemimpin seperti Apa?
Calon pelamar tentu sudah tahu ini. Apakah anda sudah tahu apa arti dari pemimpin? Jika belum, cari tahu arti ini. Ini jauh lebih berharga dari semua tips dan trik yang beredar dimana-mana. Tanpa pemahaman apa itu pemimpin, anda takkan bisa berhasil menjebol tahap seleksi beasiswa ini. 

"Kenapa tak beri tahu saja disini?" Arti pemimpin itu luas. "Tapi, setidaknya ada arti secara umum?". Jika anda mendesak dengan pertanyaan demikian. Yang saya pahami, menjadi pemimpin itu kita lebih banyak memikirkan orang lain dibanding diri kita sendiri. Jika anda bisa memahami kalimat yang saya tekankan tersebut. Anda akan menemukan cara yang tepat untuk menulis impian anda dan menjawab pertanyaan saat wawancara. 
tikus.net: unimelb gate
Gerbang University of Melbourne

Punya LoA Unconditional atau Belum?
Ini tidak penting sebenarnya. Punya LoA Uncontional tidak menjamin anda lulus beasiswa LPDP. Bagi beasiswa ini, yang penting anda mempunyai rencana ke depan yang jelas dan spesifik. Mereka tidak mengenal klise. Satu-satunya keuntungan punya LoA Unconditional adalah anda selamat dari syarat TOEFL/IELTS dan IPK. Tak lebih dari itu. Banyak yang punya LoA Uncontional, tapi juga gagal mendapatkan beasiswa ini. 

Punya Segudang Pengalaman atau Tidak Berpengalaman?
Ini tak jauh beda dengan punya LoA atau belum. Jika anda punya pengalaman yang banyak, terutama di masyarakat, buktikan itu semua. Jual pengalaman anda dihadapan LPDP. Menjualah dengan manis. Jangan arogan. Mempunyai banyak pengalaman, bukan berarti menjadikan kita lebih baik dari orang lain. 

Jika belum memiliki pengalaman, apakah tak ada sedikit pun usaha kecil yang bisa anda sampaikan? Jika masih tidak ada, ketahui kenapa anda belum memilikinya. Apa pelajaran yang dapat diambil dari yang telah berlalu tersebut? Anda takkan bisa memutar waktu. Anda juga takkan didiskriminasi karena itu. Rencana ke depan seperti apa? Siapkan dengan baik dan detail

The Most Important Tips
Fokuskan pikiran anda pada perbaikan Indonesia. Banyak belajar dari lingkungan sekitar. Anda takkan bisa menutupi, jika anda tak memikirkan ini. Jangan berpikir mendapat beasiswa, kita akan pulang dengan kaya raya. Pendidikan tidak menjamin kita kaya. Tapi, kita akan melihat dunia lebih luas. 

Tak ada satu orang pun yang menjamin anda lulus. Kita hanya perlu tetap fokus pada cita-cita kita. Akan selalu ada jalan. 



*Beberapa petunjuk:
Mendapatkan LoA disini.
Meningkatkan TOEFL disini.


*Jika ingin berdiskusi lebih mendalam bisa dengan menuliskan di kolom komentar. Saya menggunakan Disqus agar komentar lebih mudah ditelusuri. Lebih lanjut bisa juga dengan men-follow Twitter @tikusnet dan like fan-page Tikus.Net. Subscribe e-mail anda pada kotak dibawah untuk terus mendapatkan update blog ini.
Beasiswa LPDP: Pelamar Seperti Apa yang Dicari? Beasiswa LPDP: Pelamar Seperti Apa yang Dicari? Reviewed by heru handika on Januari 15, 2016 Rating: 5
Diberdayakan oleh Blogger.