Mau Berangkat Kuliah ke Luar Negeri? Ini Dokumen yang Perlu Dibawa

Flickr: NASA Goddard Space Flight Center
Beda negara dan universitas tujuan kemungkinan mensyaratkan dokumen yang berbeda untuk dibawa ke tempat tujuan kuliah tersebut. Namun, secara umum tidak jauh berbeda, hanya kemungkinan ada beberapa penambahan atau pun pengurangan. Bagi yang memperoleh beasiswa LPDP, pembahasannya saya tambahkan disini.

Urutan berdasarkan prioritas; yang berarti semakin rendah prioritasnya, kemungkinan paling tidak diperlukan (tapi sebaiknya dibawa). Berikut daftar dokumen yang saya bawa saat berangkat kuliah:

1. Prioritas Utama
Passport dan Tiket, dua dokumen yang paling penting untuk dibawa. Tanpa ini, anda takkan sampai di negara tujuan. :-D

Pembelian tiket dapat dilakukan online maupun lewat travel agen. Pembelian tiket ini sebaiknya setelah mendapatkan visa. Sangat disarankan, untuk tidak menundanya jika sudah mendapatkan visa. Menurut saya sendiri, minimal sebulan sebelum keberangkatan. Menundanya terkadang bisa menyebabkan anda tidak mendapatkan jadwal penerbangan yang anda inginkan, maupun harga yang meroket. Apalagi untuk tujuan populer.

Bagi anda yang berangkat dengan beasiswa LPDP, pembelian lewat travel agen lpdp bakal lebih memudahkan. Biasanya membutuhkan waktu 1-2 hari sampai tiket anda di-issue mereka. Anda hanya perlu berkomunikasi lewat e-mail dengan mengirimkan data lengkap: nama, no passport dan juga detail jadwal penerbangan anda. Sebelum berkomunikasi dengan pihak travel agen, sebaiknya anda juga melakukan survei jadwal penerbangan secara online. Ini akan lebih memperlancar pemilihan opsi dari mereka nantinya.

Visa, sebagian negara sudah menggunakan visa elektronik. Sedangkan sebagian lainnya masih menggunakan metode konvensional dengan menempelkan bukti visa di passport anda. Apa pun bentuk visanya, sebaiknya dibawa dokumen bukti visa tersebut. Untuk jaga-jaga sekiranya dibutuhkan saat sampai di bandara tujuan.

Pengurusan visa sebaiknya dilakukan segera setelah mendapat Confirmation of Enrolment. Ini untuk meminimalisir visa anda tertunda, terkadang disebabkan hal yang tidak terduga.

Bukti Enrolment, atau surat Confirmation of Enrolment. Sebaiknya dokumen ini di-print dan disatukan bersama dengan dokumen lain yang anda bawa. Dokumen ini biasanya diperlukan untuk mendapatkan Student ID Card.
Daftar dokumen yang saya bawa sewaktu berangkat kuliah

2. Prioritas Kedua
Jika anda awardee LPDP, sebaiknya anda juga membawa Letter of Guarantee. Dokumen ini terkadang dibutuhkan. Ini bisa menjadi dokumen penguat aplikasi anda bagi yang menyewa rumah lewat agen tertentu.

Photo 4x6 dan 3x4, Foto ini terkadang dibutuhkan untuk mengurus dokumen tertentu, seperti perpanjangan passport. Sebaiknya dibawa yang terbaru. Pada beberapa negara sulit sekali untuk mencari tempat untuk mencetak foto ukuran ini.

3. Prioritas Ketiga
Official translate Akte Kelahiran, menurut informasi yang saya dapatkan, terkadang universitas meminta dokumen ini untuk mendaftar ulang saat sampai di universitas tujuan. Biasanya agen pendidikan maupun pusat bahasa di kampus anda menyediakan jasa translate akte kelahiran ini.

Ijazah dan Transkrip asli (English dan Bahasa), saya membawanya hanya untuk jaga-jaga sekiranya dibutuhkan. Namun, sampai saat ini tidak dibutuhkan. Jika ragu atau takut hilang, sebaiknya dikonfirmasi ke pihak universitas anda mengenai dokumen yang dibutuhkan untuk mendapatkan Student ID Card. Informasinya kemungkinan bisa didapatkan online di website universitas.

Sejauh ini, dokumen yang saya butuhkan hanya yang berada di prioritas utama. Tidak ada salahnya juga membawa dokumen lain di dalam list. Saran saya, pastikan semua dokumen ini berada di satu tempat dan dimasukkan ke dalam tas yang akan anda bawa ke kabin pesawat.


*Jika ingin berdiskusi lebih mendalam bisa dengan menuliskan di kolom komentar. Saya menggunakan Disqus agar komentar lebih mudah ditelusuri. Lebih lanjut bisa juga dengan men-follow Twitter @tikusnet dan like fan-page Tikus.Net. Subscribe e-mail anda pada kotak dibawah untuk terus mendapatkan update blog ini.
Mau Berangkat Kuliah ke Luar Negeri? Ini Dokumen yang Perlu Dibawa Mau Berangkat Kuliah ke Luar Negeri? Ini Dokumen yang Perlu Dibawa Reviewed by heru handika on Agustus 24, 2015 Rating: 5
Diberdayakan oleh Blogger.