Perubahan Terbaru Beasiswa LPDP, Ini yang Penting Kamu Tahu

LPDP baru saja memperbarui informasi di website-nya dengan peraturan terbaru tahun 2015 ini. Terdapat beberapa perubahan dari tahun sebelumnya, terutama dari sistem beasiswa. 

Perubahan ini tentunya perbaikan dari sistem sebelumnya. Sehingga harapan untuk memajukan Indonesia lewat menyekolahkan putra-putri terbaik bangsa bisa lebih cepat diwujudkan. 

Berikut beberapa perubahan penting yang perlu diketahui sebelum anda mendaftar beasiswa LPDP.

1. Syarat Pendaftaran

Pertama, ada tambahan pada dokumen yang perlu disiapkan. Kali ini disyaratkan untuk melampirkan Surat Keterangan Berbadan Sehat dan Bebas Narkoba. Khusus untuk pelamar tujuan universitas luar negeri, juga disyaratkan untuk melampirkan Surat Keterangan Bebas TBC yang dinyatakan oleh dokter rumah sakit pemerintah. 

Kedua, adanya perubahan pada salah satu judul essay yang harus dilampirkan. Judulnya menjadi "Kontribusiku Bagi Indonesia: kontribusi yang telah, sedang dan akan saya lakukan untuk masyarakat / lembaga / instansi / profesi komunitas saya". Judul ini berganti dari sebelumnya "Perananku Bagi Indonesia". Perubahan ini sebenarnya sangat diharapkan. Karena yang diminta lebih spesifik dan memudahkan dalam membuat essay-nya.

Ketiga, jadwal kuliah pelamar dimulai paling cepat 6 bulan setelah pendaftaran. Jadi, bagi yang memiliki Letter of Acceptance, pastikan memenuhi syarat ini.
Flickr: Kaplan International
2. Proses Seleksi

Kali ini ada tambahan dalam proses seleksi, yaitu adanya On the Spot Essay Writing; selain proses wawancara dan Leaderless Group Discussion (LGD). Jadi, ketika dinyatakan lolos seleksi administrasi, anda harus bersiap-siap untuk menghadapi ketiga tes tersebut. 

Untuk memudahkan, sangat disarankan untuk membiasakan diri dalam menulis essay. Apalagi jika berniat meminta orang lain untuk membuatkan essay ini. Sebaiknya pikir-pikir lagi. Mungkin ini juga salah satu cara LPDP untuk memastikan essay yang dikirimkan benar-benar ditulis sendiri oleh pelamar.

Tentunya waktu yang diberikan untuk "On the Spot Essay Writing" sangat terbatas. Jika anda tidak terbiasa menulis, ini akan menjadi kesulitan tersendiri. Mungkin inilah saatnya bagi kita semua untuk membiasakan diri menulis. 

Perubahan di atas terutama pada program Beasiswa Pendidikan Indonesia (BPI).  Namun, untuk syarat pendaftaran, perubahan yang sama juga terdapat pada Beasiswa Afirmasi. Untuk proses seleksi, pada Beasiswa Afirmasi mungkin berbeda. Namun, informasi ini tidak diberikan di website. 

Lebih lengkapnya anda bisa mengunjungi http://www.lpdp.kemenkeu.go.id. Bagi anda pelamar beawasiswa, silahkan pelajari lebih mendalam mengenai syarat, sistem, dan aturan lainnya pada website tersebut. 


*Jika anda senang dengan tulisan-tulisan saya, atau ingin berdiskusi lebih mendalam bisa dengan men-follow Twitter @tikusnet dan like fan-page Tikus.Net. Subscribe e-mail anda pada kotak dibawah untuk terus mendapatkan update blog ini.
Perubahan Terbaru Beasiswa LPDP, Ini yang Penting Kamu Tahu Perubahan Terbaru Beasiswa LPDP, Ini yang Penting Kamu Tahu Reviewed by Unknown on Mei 02, 2015 Rating: 5
Diberdayakan oleh Blogger.