Tips dan Trik untuk Mengusai Kemampuan Mengetik 10 jari

Jika belum mencobanya, mengetik 10 jari terasa sangat sulit. Apalagi jika harus belajar sendiri tanpa instrukstur. Setelah membahas pilihan media untuk berlatih, saya berikan sedikit tips dan trik untuk berlatih. 

Percayalah, anda tak perlu menjadi ahli IT atau sekretaris untuk menguasai skill ini.

Ini tak bermaksud untuk menggurui, hanya sekedar berbagi pengalaman. Saya sendiri belajar pada sewaktu awal kuliah. 

Berikut tips dan trik nya:


1. Baca dulu instruksi

Baik memilih belajar online atau pun dengan software, membaca intruksi wajib dilakukan terlebih dahulu. Banyak orang melupakan hal ini, padahal ini krusial. Pada bagian instruksi biasanya dijelaskan posisi duduk, posisi tangan, dan hal-hal yang perlu dipahami mengenai media ajarnya. 

Pada bagian ini, biasanya anda juga akan dikenalkan mengenai Home Row. Ini tombol pada keyboard tempat pertama memulai dan tempat kembali. Pada keyboard ditandai dengan tonjolon pada huruf "F" dan "J".  

2. Konsisten

Bagian tersulit dari belajar otodidak, salah satunya kemauan untuk terus berlatih. Terkadang melawan malas itu sulit sekali. Jika anda menyadari manfaatnya, berlatih mengetik 10 jari tidaklah berat sebenarnya. 

Anda tak harus berlatih berjam-jam per hari. Saran saya, 10-15 menit per hari sudah mencukupi. Latihan 10-15 menit ini bisa juga dilakukan setiap kali membuka laptop. Sebelum membuka aplikasi yang lain, pemanasan dulu dengan belajar mengetik. 
Flickr: DWRL U. Texas
Jika anda senang berlatih, anda bisa lebih lama melakukannya. Sebaiknya, maksimal 20 menit sekali berlatih. Walaupun masih ingin berlatih, disarankan untuk istirahat sekitar 5-10 menit. Penelitian menunjukkan, otak kita akan mumet setelah 20 menit dipaksa berpikir. Beri sedikit istirahat dengan melakukan aktifitas lain.

Konsisten melakukan akan membantu anda untuk cepat menguasainya. Pada dasarnya, 10-15 menit sehari dengan teratur jauh lebih baik dari pada berjam-jam berlatih, tapi tidak teratur. Apalagi jaraknya terlalu jauh, misalnya sekali seminggu.

3. Mengulang Materi

Ada beberapa materi yang mudah dikuasai. Namun, sebagian materi membutuhkan waktu lebih lama untuk dikuasai. Misalnya, materi yang tombol-tombolnya sulit dijangkau. 

Saya sendiri merasakan, tombol yang diketik dengan menggunakan kelingking lebih sulit untuk dikuasai. Walaupun materinya sudah mampu dilewati, sebaiknya materi ini sering diulang. Ini akan membantu mengurangi kekakuan kelingking anda. 

4. Jangan menyerah

Berhubung ini menyangkut skill. Butuh waktu untuk bisa mengetik 10 jari. Saya sendiri butuh 1,5 bulan untuk bisa mengetik 10 jari tanpa melihat keyboard. Dan butuh berbulan-bulan berikutnya untuk bisa mengetik dengan cepat. Namun, waktu yang dikorban untuk berlatih tidak ada apa-apanya. Karena skill ini bermanfaat seumur hidup kita.

Selamat berlatih. Saya tunggu komentar anda. Jangan lupa follow tikus.NET. 



Tips dan Trik untuk Mengusai Kemampuan Mengetik 10 jari Tips dan Trik untuk Mengusai Kemampuan Mengetik 10 jari Reviewed by heru handika on April 05, 2015 Rating: 5
Diberdayakan oleh Blogger.