Bermodalkan Smartphone, Siapa saja Bisa menjadi Dokter Bagi Diri Sendiri

Flickr: Yaniv Ben-Arie
Dulu, komputer seukuran meja. Kemudian muat dipangkuan kita. Sekarang, komputer ada di genggaman kita. Kemudahan akses terhadap teknologi ini akan memudahkan kita dalam banyak hal, salah satunya membantu menjaga kesehatan. 

Saya tidak akan bercerita tentang smartwatch atau smartband. Tapi, cukup dengan pemanfaatan smartphone. Pastinya banyak orang sudah memiliki ini. Apalagi sekarang dengan hanya kurang dari 1 juta rupiah, kita sudah bisa memilikinya. 

Ada dua aplikasi menarik yang dapat dimanfaatkan untuk menjaga kesehatan.




1. Water Your Body

Aplikasi ini mengingatkan kita untuk minum air dengan kadar yang cukup setiap hari. Setelah meng-install aplikasinya, kita diminta memasukkan berat badan kita. Aplikasi ini akan menampilkan kebutuhan air kita dalam sehari. 

Penggunaan aplikasi ini sangat sederhana. Anda akan diingatkan untuk meminum air dan mencukupi kebutuhan air anda. Anda juga tak perlu pusing menakar air yang anda minum. 

Pada aplikasi ini sudah tersedia tipe wadah yang biasa digunakan untuk minum air. Setelah selesai minum, tinggal dipilih wadah tipe apa yang anda gunakan. Misalnya, gelas, cangkir, atau botol air mineral. Anda juga tak perlu mengingat sudah berapa gelas anda minum hari ini. Tugas itu akan diambil alih aplikasi ini. 

Aplikasi ini tersedia dalam versi Android dan iOS. 

2. MSN Health and Fitness

Aplikasi ini buatan Microsoft. Nama besarnya sudah menjadi jaminan kualitas aplikasi ini. Ini salah satu aplikasi favorit saya. Banyak fitur yang disediakan. 

Sympton Checker merupakan fitur kesukaan saya. Sederhananya, dengan aplikasi ini anda bisa mendiagnosa penyakit anda sendiri. Tinggal diklik bagian tubuh mana yang terasa sakit. 

Berdasarkan daftar gejala yang ada, anda pilih gejala-gejala mana yang anda rasakan. Aplikasi ini akan menampilkan penyakit apa yang kemungkinan anda derita. Anda pun tak perlu jadi dokter untuk bisa melakukan ini. 

Namun, jika anda menemukan gejala yang parah, sebaiknya segera menghubungi dokter untuk memastikan. Setidaknya, dengan aplikasi ini anda bisa belajar menjadi dokter dan meningkat pemahaman tentang penyakit serta gejalanya.

Selain itu, ada juga fitur Body Map. Fitur ini menampilkan sistem di dalam tubuh kita. Mulai dari sistem pencernaan, sirkulasi, saraf, reproduksi, dll. Anda bisa belajar memahami tubuh anda lewat aplikasi ini. 

Ada banyak fitur lain yang tersedia di aplikasi ini. Jika anda ingin menghitung kalori makanan yang anda makan, fiturnya juga tersedia di aplikasi ini. Bagi yang suka fitness, aplikasi ini menyediakan segudang tips dan trik fitness bagi Anda.

Tinggal download aplikasinya dan install di smarphone kesayangan anda. Aplikasi ini tersedia dalam versi Android, iOS, dan Windows Phone. Selain Bahasa Inggris, pada aplikasi ini juga tersedia pilihan Bahasa Indonesia.

Selamat mencoba!  


*Jika anda senang dengan tulisan-tulisan saya, atau ingin berdiskusi lebih mendalam bisa dengan men-follow Twitter @tikusnet dan like fan-page Tikus.Net. Subscribe e-mail anda pada kotak dibawah untuk terus mendapatkan update blog ini.
Bermodalkan Smartphone, Siapa saja Bisa menjadi Dokter Bagi Diri Sendiri Bermodalkan Smartphone, Siapa saja Bisa menjadi Dokter Bagi Diri Sendiri Reviewed by heru handika on April 24, 2015 Rating: 5
Diberdayakan oleh Blogger.