Belajar mengetik 10 Jari secara Otodidak itu Mudah

Anda tak perlu mengikuti les komputer atau menjadi ahli IT untuk bisa mengetik 10 jari. Skill ini cukup mudah untuk dikuasai. Berlatih secara otodidak pun bisa.

Jika anda mahasiswa, saya juga pernah bahas, mengetik 10 jari termasuk salah satu "skill penting untuk dikuasai sejak awal kuliah".

Metode belajar yang bisa digunakan di antaranya:

1. Online

Waktu online sekarang bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan kemampuan mengetik dengan komputer. Banyak situs gratis yang menyediakan kursus mengetik 10 jari ini. Anda tinggal mendaftar di situsnya, lalu mulai berlatih. 

Beberapa situs yang bisa digunakan untuk berlatih:

RataType bisa menjadi pilihan pertama. Website-nya menarik dan enak dilihat. Tinggal mendaftar. Gratis. Setelah mendaftar, baca dulu instruksi pemakaian yang disediakan sebelum mulai berlatih. Pada materi latihannya, website ini menggunakan kode warna untuk posisi jari. 

Pilihan lainnya yang bisa digunakan bisa dilihat di halaman Mashable. Tinggal di klik link tersebut, anda akan diarahkan pada pilihan website untuk berlatih typing. Anda bebas memilih website yang sesuai untuk berlatih. Pastinya gratis dan bermanfaat.
Tampilan Website Ratatype
2. Offline

Kesulitan akses internet? atau tidak punya banyak waktu untuk online? Bukan lah masalah. Ada banyak pilihan software yang bisa digunakan untuk berlatih mengetik 10 jari tanpa koneksi internet. 

Diantaranya yang bisa digunakan: Typing Master dan Ultrakey. Kedua program ini berbayar. Menurut TopTenReviews,  Ultrakey merupakan pilihan yang paling bagus. Tapi, harganya juga lebih mahal. 

Namun, saya sendiri berlatih menggunakan Typing Master. Pada dasarnya kedua program tersebut hampir sama. Hanya ada beberapa perbedaan fitur. Salah satunya jumlah materi latihan yang lebih banyak dan tersedianya video latihan pada Ultrakey. Sedangkan Typing Master, kelebihannya tersedia versi gratis untuk dicoba.

Untuk kompatibilitas, Ultrakey tersedia dalam versi Mac dan Windows. Sedangkan Typing Master, versi offline-nya hanya tersedia untuk Windows.

Tak ingin software berbayar? Pilihan software gratis pun bisa dicoba. Fitur yang ditawarkan tak kalah menarik dibandingkan dengan software berbayar. 
Tampilan warna-warni Rapid Typing
Diantara yang bisa dicoba, Rapid Typing dan Klavaro Typing Tutor. Kedua software tersebut gratis digunakan. 

Rapid Typing hanya tersedia dalam versi Windows. Sedangkan Klavaro Typing Tutor, selain versi Windows juga tersedia dalam versi Linux. Anda tinggal buka website-nya dan silahkan pilih mana yang kira-kira sesuai dengan kebutuhan anda. Masing-masing orang tentunya memiliki pilihan yang berbeda-beda. 

Sedikit gambaran, Rapid Typing tampilannya berwarna-warni. Software ini mengklaim juga bisa digunakan untuk anak-anak belajar mengetik 10 jari.

Sedangkan Klavaro Typing Tutor sedikit lebih kaku. Namun, kelebihannya software ini tidak hanya tersedia lebih dari satu platform.

Jika anda sudah menetapkan pilihan, saatnya mulai berlatih. Saya sudah siapkan tips dan trik untuk mengusai kemampuan typing 10 jari ini, lanjut baca "tips dan trik mengetik 10 jari". Jika ada yang ingin ditanyakan mengenai bahasan ini, saya tunggu pertanyaannya di kolom komentar.
Belajar mengetik 10 Jari secara Otodidak itu Mudah Belajar mengetik 10 Jari secara Otodidak itu Mudah Reviewed by heru handika on April 05, 2015 Rating: 5
Diberdayakan oleh Blogger.