Bekerja Tanpa Khawatir, Data Aman, Bisa Diakses Kapan Saja dan Dimana Saja dengan Cloud



Flickr
Apakah anda pernah merasakan file-file penting hilang karena laptop mati total? atau ketika membutuhkan data, tapi datanya tidak terbawa? Dengan memanfaatkan sistem penyimpanan data di cloud, kita tak perlu lagi khawatir dengan masalah tersebut. 

Layanan yang dikenal dengan sistem penyimpanan data di awan ini pernah saya bahas sebelumnya. Berikut pemanfaatannya dalam kehidupan sehari-hari.


1. Memilisir Resiko Kehilagan Data

Manfaat cloud yang dirasakan sekali adalah kehilangan data karena kerusakan perangkat. Dengan memanfaatkan layanan cloud, ketika online data otomatis diunggah ke server penyedia layanan: data disinkronkan dengan folder cloud di komputer. 


Ketika perangkat yang digunakan mati total, apalagi jika terjadi kerusakan tempat penyimpanan data, misalnya disebabkan laptop terendam air atau harddisk rusak begitu saja; data masih bisa diakses secara online

Sistem cloud ini tidak menjamin kehilangan data karena salah delete. Masalah ini lebih baik dicegah dengan backup secara konvensional. Caranya dengan menyimpan file penting di dua tempat berbeda, misalnya data yang sama disimpan di laptop dan di flashdisk/harddisk eksternal atau dengan menyimpan data di folder cloud dan folder biasa. 

2. Bekerja Tanpa Batas Kapan Saja dan Dimana Saja

Cloud memang diciptakan utamanya untuk kemudahan mengakses data. Dengan sistem cloud, data bisa diakses dimana saja dan kapan saja -selagi masih ada koneksi internet. Data pun bisa diakses dengan menggunakan berbagai macam perangkat. 

Misalnya Dropbox, layanan cloud ini tersedia di segala macam sistem; mulai dari Windows, Android, iOS, Mac, hingga Linux. Ketika anda membutuhkan data, anda dapat dengan mudah mengaksesnya dengan aplikasi pada perangkat kompatibel yang dimiliki saat itu, atau login ke website penyedia layanan lewat browser

3. Kemudahan Berbagi File Tanpa Batas

File yang disimpan di cloud dapat di-share ketika dibutuhkan. Anda dapat berbagi data lewat e-mail maupun social media. Kemudahan berbagi data ini juga dapat dimanfaatkan untuk bekerja secara bersama, khususnya bagi pengguna layanan yang sama. Tinggal manfaatkan fasilitas sharing folder.

Kemudahan lainnya, beberapa layanan cloud sudah terintegrasi dengan aplikasi lain. Misalnya, OneDrive dan Dropbox yang terintegrasi dengan Microsoft Office. Jadi, data office yang disimpan di cloud, dapat diakses langsung dengan Microsft Office.

Selain manfaatnya, sistem cloud tentunya juga memiliki kekurangan, di antaranya masalah keamanan yang diragukan sebagian kalangan. Namun, untuk penggunaan pribadi sehari-hari, terutama untuk menyimpan data yang tidak terlalu sensitif; manfaatnya jauh lebih banyak dari pada kekhawatiran yang ditimbulkan dari layanan tersebut.

Lebih lengkap, nantikan bahasan tentang real-use sehari-hari. Jangan lupa follow dan share tikus.NET. 

Apakah anda sudah menggunakan layanan cloud? Berbagi disini lewat kolom komentar.



Bekerja Tanpa Khawatir, Data Aman, Bisa Diakses Kapan Saja dan Dimana Saja dengan Cloud Bekerja Tanpa Khawatir, Data Aman, Bisa Diakses Kapan Saja dan Dimana Saja dengan Cloud Reviewed by heru handika on April 02, 2015 Rating: 5
Diberdayakan oleh Blogger.