Bagaimana Teknologi Membantu Kita Melawan Lupa? Tips Simpel dan Gratis Untuk Diterapkan

Flickr: Andrew
Tips ini bukan hanya mencegah anda dari kelupaan, tapi juga bisa menjadikan anda super-organized. Kita bisa memanfaatkan smartphone atau perangkat lainnya yang bisa mengakses internet. Anda hanya perlu menggunakan aplikasi tertentu, tentunya gratis dan bisa digunakan dibanyak platform; baik Android, iOS, Windows maupun Mac. Ini aplikasi yang bisa kita manfaatkan dan pemanfaatannya:

1. Simpan file yang sering dibutuhkan di Dropbox

Sebenarnya bukan hanya Dropbox, tips ini bisa digunakan pada jasa layanan cloud yang lain. Disini saya menggunakan Dropbox hanya karena saya lebih terbiasa dengan aplikasi tersebut. 

Dropbox (bisa juga disebut layanan cloud) ini kita manfaatkan untuk menyimpan file-file penting, terutama yang sering diakses dan dibutuhkan. Misalnya, bagi yang mahasiswa digunakan untuk menyimpan skripsi, jurnal-jurnal penting, transkrip nilai, maupun laporan praktikum. 

Saya sendiri menggunakannya untuk menyimpan jurnal favorit, skripsi S1, sertifikat TOEFL, bukti-bukti garansi peralatan elektronik, surat-surat untuk keperluan tamat kuliah sewaktu S1, contoh surat izin penelitian, dll. 
Dropbox.Com

Memanfaat Dropbox untuk menyimpan file-file penting akan menyelamatkan kita pada banyak keadaan, salah satunya kerusakan hardware komputer. Dropbox juga akan sangat menolong ketika kita membutuhkan file tertentu, tetapi terlupa membawa laptop (atau sengaja meninggalkannya).  

Pernah ada kasus, saya harus mengirimkan sertifikat TOEFL saya saat itu juga, sedangkan saya sedang berada di luar kota dan tidak membawa laptop. Karena aplikasi Dropbox sudah di-install di smartphone saya, saya tinggal buka aplikasinya dan mengirimkan link sertifikat TOEFL tersebut. Si penerima tinggal mengunduhnya. Masalah saya selesai saat itu juga. 

2. Mencatat dengan aplikasi Evernote

Aplikasi ini ibarat buku catatan pribadi, ampuh melawan lupa. Saya menggunakan Evernote ini untuk mencatat banyak hal. Misalnya, untuk mencatat nomor rekening saya. Setiap saat ada yang ingin mentransfer uang ke rekening tersebut, saya bisa beri tahu nomornya saat itu juga; tak perlu repot-repot lihat buku tabungan dulu.

Evernote ini juga saya gunakan untuk mencatat poin-poin penting dalam diskusi/rapat. Dengan Evernote, saya bisa mengakses catatan tersebut setiap kali dibutuhkan. 
Tampilan Evernote
Berbeda dengan mencatat menggunakan kertas; beberapa hari setelah diskusi, saya tidak tahu lagi dimana kertas itu berada. Terkadang saya memang mencatat dengan kertas, tapi kemudian saya pindahkan ke Evernote, dengan mengetik langsung atau memfotonya saja. 

Namun, sebaiknya tidak dgunakan untuk mencatat password akun online anda. Bagi saya, umumnya digunakan untuk catatan random, yang tidak perlu pengelompokan yang jelas. Untuk yang membutuhkan pengelompokan, saya lebih suka menggunakan OneNote. 

3. Memanfaatkan OneNote untuk Catatan Penting

Aplikasi ini sering saya gunakan untuk mencatat sesuatu yang perlu pengelompokan yang jelas. Pada Evernote sebenarnya bisa, tapi saya lebih menyukai OneNote karena susunan catatan kita lebih jelas pengaturannya. Walaupun sebenarnya ini masalah pilihan saja.

Pada OneNote, catatan dikelompokkan dalam bagian "Notebook". Pada setiap "Notebook" terdapat "Section", dan disetiap "Section" terdapat "Page". Pengaturan inilah yang kita gunakan untuk mengelompokkan catatan kita.  

Misalnya, untuk catatan fieldwork saya. Salah satu "Notebook"-nya saya namai "Fieldwork". Pada salah satu Section-nya saya beri nama "Field Stuff". Pada Section "Field Stuff" tersebut saya bagi page-nya dengan kelompok perlengkapan yang saya butuhkan untuk setiap kegiatan penelitian di lapangan (lihat gambar). 
Salah satu catatan pribadi berisi perlengkapan untuk kegiatan penelitian lapangan

Catatan tersebut sangat membantu saya, lebih-lebih ketika dapat tawaran ke lapangan mendadak. Saya tak perlu lagi mengingat-ingat perlengkapan apa yang perlu saya bawa. Apalagi kegiatan lapangan saya biasanya ke hutan (seringnya ke gunung), kelupaan sikat gigi saja bisa panjang masalahnya. 

Pada catatan fieldwork ini, juga terdapat catatan pengeluaran dana pada setiap kegiatan ke lapangan. Ini berguna saat membuat laporan pengeluaran dana untuk penelitian saya. Saya juga merujuk ke catatan ini ketika mengatur anggaran untuk kegiatan lapangan berikutnya. Bandingkan jika saya mencatatnya dengan kertas, ketika dibutuhkan sering tidak tahu lagi kertas itu berada dimana.  

Termasuk untuk management blog ini, OneNote sangat membantu saya. Saya punya "Notebook" khusus untuk blog ini. Di dalamnya terdapat section "Article Ideas" yang berisi judul-judul artikel pada setiap kategori blog ini. 

Kita tak pernah tahu kapan ide itu muncul. Ketika saya teringat tentang ide/judul untuk artikel di blog saya, saya tinggal buka aplikasi OneNote pada perangkat yang saya miliki saat itu, dan menambahkan ide tersebut ke OneNote sesuai kategorinya. Jika tidak saya catat, ide-ide yang bermunculan akan menguap begitu saja, terkadang tak bisa saya ingat lagi.
Catatan pribadi menggunakan OneNote untuk menjaga ide tulisan untuk blog ini tak menguap begitu saja
Saat artikel ini ditulis, di OneNote saya sudah tercatat lebih dari 100 ide/judul untuk artikel blog ini. Kapan pun saya punya waktu untuk menulis, saya tinggal pilih ide/judul mana yang saya prioritaskan untuk ditulis saat itu; tak perlu lagi memikirkan ide tulisan. Ide yang sudah saya gunakan kemudian saya tandai.

Ini contoh pemanfaatan teknologi bagi saya. Anda tinggal menyesuaikan sesuai dengan kebutuhan sendiri. Pemanfaatan teknologi dengan benar menjadikan hidup kita lebih mudah, produktifitas pun meningkat. 

Finally, untuk mengorganisir sesuatu memang membutuhkan kerja ekstra. Tapi, dengan meluangkan sedikit waktu untuk melakukannya, akan menghemat banyak waktu anda di masa yang akan datang. 

*Jika anda senang dengan tulisan-tulisan saya, atau ingin berdiskusi lebih mendalam bisa dengan men-follow Twitter @tikusnet dan like fan-page Tikus.Net. Subscribe e-mail anda pada kotak dibawah untuk terus mendapatkan update blog ini.

Bagaimana Teknologi Membantu Kita Melawan Lupa? Tips Simpel dan Gratis Untuk Diterapkan Bagaimana Teknologi Membantu Kita Melawan Lupa? Tips Simpel dan Gratis Untuk Diterapkan Reviewed by heru handika on April 13, 2015 Rating: 5
Diberdayakan oleh Blogger.