Ternyata Mamalia Mentawai Lebih Mirip dengan Kalimantan dari pada Sumatera

Jarak Kepulauan Mentawai dengan Sumatra hanya sekitar 85-135 km. Sedangkan dengan Kalimantan sekitar 1.000 km. Wilting (peneliti Jerman) dan koleganya melakukan penelitian membandingkan fauna Mentawai dengan pulau-pulau besar lain di dekatnya. Mereka menemukan bukti bahwa hewan mamalia (hewan menyusui) Mentawai berkerabatan lebih dekat dengan Kalimantan dibandingkan dengan Sumatera. 

Hasil penelitian ini seperti tidak mungkin. Jika memang aliran gen terjadi dengan Kalimantan, seharusnya juga terjadi dengan Sumatera, tetangga terdekat Mentawai. Tapi, yang ditemukan justru sebaliknya. 

Penelitian ini juga membandingkan hewan bertulang belakang lainnya. Hanya saja, mamalia menunjukkan hasil yang bertolak belakang. Lalu bagaimana mereka melakukan penelitian tersebut? Bukankah sebagian besar fauna Mentawai merupakan jenis endemik? Artinya kebanyakan hewan-hewan Mentawai tidak ditemukan di belahan dunia lain, kecuali di Mentawai.

Apa yang dilakukan peneliti-peneliti ini adalah dengan membandingkan daftar spesies yang terdapat pada pulau-pulau besar terdekat. Pulau-pulau yang dibandingkan, di antaranya Sumatera, Kalimantan, Jawa, dan termasuk juga Semenanjung Malaysia. 

Untuk spesies endemik, dipasangkan dengan kerabat terdekatnya. Misalnya, untuk jenis Simakobu (primata endemik Mentawai) dipasangkan dengan Bekantan (terdapat di Kalimantan), yang secara genetik berkerabatan dekat. Begitu juga untuk jenis lainnya yang tidak ditemukan di daerah lain.
Tingkat persamaan fauna Kepulauan Mentawai dengan pulau-pulau besar di dekatnya (Wilting et al. 2012)

Perbandingan tersebut yang kemudian menemukan hasil yang tidak diduga. Untuk jenis amphibia dan reptilia, persamaan dengan Sumatra paling tinggi dengan yang lain. Hasil ini sesuai dengan seharusnya. Sedangkan yang terjadi di Mamalia menimbulkan tanda tanya besar. Kemiripan dengan Kalimantan mencapai 93 persen. Sedangkan dengan Sumatera hanya 83 persen. 

Sebelumnya, berbagai penelitian juga telah menyatakan bahwa Sumatera, Kalimantan, Jawa, dan Semenanjung Malaysia merupakan satu daratan sekitar 10 ribu tahun yang lalu.  Mentawai juga terkoneksi dengan Sumatra lewat Pulau Batu (Sumut), tapi terpisah duluan.  Para peneliti ini berasumsi semua hewan yang terdapat di Mentawai, dulunya juga terdapat di Sumatera, Kalimantan, Jawa, dan Semenanjung Malaysia.

Dari hasil penelitian ini, diduga Sumatera mengalami tingkat kepunahan yang sangat tinggi di masa lalu, menyebabkan hilangnya banyak spesies. Penelitian yang dipublikasi di Journal of Biogeography ini menyatakan hilangnya beberapa spesies mamalia di Sumatera disebabkan oleh dua kemungkinan: perubahan iklim dan vegetasi di masa lampau, dan erupsi besar Gunung Toba. 

Studi lebih lanjut tentunya masih perlu dilakukan untuk membuktikan teori ini. Jika anda tertarik, sumber tulisan ini bisa diunduh di Wiley Online Library

Ikuti terus perkembangan blog ini dengan men-follow akun sosial media di sidebar sebelah kanan atas.





Ternyata Mamalia Mentawai Lebih Mirip dengan Kalimantan dari pada Sumatera Ternyata Mamalia Mentawai Lebih Mirip dengan Kalimantan dari pada Sumatera Reviewed by heru handika on Maret 25, 2015 Rating: 5
Diberdayakan oleh Blogger.