Sakit Kepala Kehilangan Data? Aman dan Nyaman Menyimpan File

Kehilangan data bisa menjadi masalah serius dimana-mana. Penyebabnya bermacam-macam; mulai dari kerusakan perangkat, pencurian, hingga tidak sengaja menghapusnya. Ketika kehilangan data penting, rasanya sakitnya tuh seperti ingin membanting laptop.  Apalagi yang hilang data ketikan yang panjangnya ratusan halaman. 

Pada dasarnya, sistem cloud lebih ditujukan untuk kemudahan mengakses data; kapan saja dan dimana saja secara online. Namun, menyimpan data di cloud, juga dapat mencegah kehilangan data, terutama disebabkan kerusakan perangkat. Kita bisa menggunakan cloud sebagai alternatif untuk backup data. Berikut 3 jasa cloud yang bisa menjadi pilihan. 

1. Dropbox

Dropbox bisa menjadi pilihan pertama. Selain mudah digunakan, layanan ini tersedia dibanyak platform, mulai dari Windows sampai Linux. Pendaftaran bisa dilakukan di halaman dropbox.com

Pemakaiannya cukup gampang. Install aplikasinya, dan copy-kan file-file yang diinginkan ke folder dropbox. Sederhananya, file-file tersebut akan diunggah ke server dropbox ketika online. File juga akan otomatis disinkronkan ketika terjadi perubahan.

Bagaimana dengan kapasitasnya? Pada awal pendaftaran kita diberikan penyimpanan gratis sebesar 2 GB. Untuk file-file penting, terutama file laporan maupun skripsi; kapasitas 2 Gb sudah mencukupi. Namun dengan sedikit usaha, penyimpanan gratis bisa meningkat berkali lipat. Akun dropbox saya sekarang mencapai 14,9 GB. Angka yang lumayan untuk menyimpan data. 

Lebih lengkap tentang penggunaan Dropbox disini.

2. OneDrive

OneDrive otomatis dimiliki jika sudah memiliki akun Microsoft. Jika belum, bisa mendaftar di live.com. Kapasitas gratis yang diberikan 15 GB. Kapasitas ini bisa ditingkatkan hingga 20 GB dengan mengundang orang untuk bergabung. Namun, jika anda membeli Office 365, anda mendapatkan kapasitas gratis mencapai 1 TB. 

Cara pemakaian OneDrive bisa dipelajari disiniSecara umum, hampir sama dengan Dropbox. OneDrive juga bisa diintegrasikan dengan Windows Explorer. 

3. Google Drive 

Kapasitas gratis yang ditawarkan Google Drive sama dengan OneDrive: 15 GB. Pengguna Gmail, sudah otomatis memiliki akun Google Drive ini. Selain bisa diintegrasikan dengan Windows Explorer, Google Drive juga memudahkan untuk melampirkan file pada Gmail. Cara penggunaan Google Drive bisa dipelajari disini.

Lalu, layanan manakah yang terbaik? PC Advisor pernah membahas hal ini. Namun menurut saya, untuk penggunaan sehari-hari, tidak terasa perbedaan yang kentara. Saya sendiri justru memanfaatkan ketiganya. 

Selanjutnya, "Bekerja Tanpa Khawatir, Data Aman, Bisa Diakses Kapan Saja dan Dimana Saja dengan Cloud".

Sakit Kepala Kehilangan Data? Aman dan Nyaman Menyimpan File Sakit Kepala Kehilangan Data? Aman dan Nyaman Menyimpan File Reviewed by heru handika on Maret 30, 2015 Rating: 5
Diberdayakan oleh Blogger.