Khawatir Masalah Copyright, Ini Cara Tak Biasa dari NASA

Hak Kekayaan Intelektual (HAKI) sering menjadi permasalahan dimana-mana. Pembajakan merupakan kekhawatiran banyak orang ketika mengupload file online. Pendekatan NASA ini dapat menjadi pilihan yang bijak bagi kita. Ini juga bisa menjadi contoh bagi lembaga lainnya, terutama yang non-profit.

Kita semua tentu sudah bisa membayangkan betapa mahalnya biaya untuk ekplorasi luar angkasa. Tak bisa dipungkiri, butuh biaya mahal untuk menghasilkan sebuah foto, video, atau lainnya dalam eksplorasi tersebut.

Namun, apa yang NASA lakukan berbeda dengan apa yang banyak orang lakukan. Tidak seperti yang lain, NASA membebaskan lisensi berbagai macam media yang mereka hasilkan. Berdasarkan website resmi NASA, dinyatakan sebagian besar foto, video, audio, textbook, dan resource lainnya uncopyrighted, alias bebas lisensi.
Cat's Eye Nebula atau Nebula Mata Kucing (Sumber: NASA)


Tinggal searching gambar dengan kata kunci "space" misalnya, atau "nasa space images". Tak terhitung banyaknya foto luar angkasa yang ditampilkan mesin pencari. Foto-fotonya baik yang dihasilkan teleskop milik NASA, maupun yang di ambil dari stasiun luar angkasa. 

Langkah NASA ini telah meningkatkan popularitas eksplorasi luar angkasa dan menginspirasi jutaan orang. SpaceX, sebuah perusahan swasta eksplorasi luar angkasa, juga mulai mengikuti NASA. Meskipun apa yang dilakukan SpaceX lebih terbatas (sumber: the Verge)
Istanbul pada malam hari di foto dari luar angkasa (Sumber: NASA).

Kita dapat mengambil pelajaran yang beharga dari langkah NASA ini. Bahwa tak selamanya copyright itu penting. Bahwa tak selamanya ketika mengupload file online, kita terlalu memusingkan copyright. Foto copyrighted pun, pada beberapa kasus tetap juga dibajak orang. Perkembangan dunia olah foto telah menjadikannya mudah.

Langkah ini memang tak berlaku bagi banyak orang. Bagi mereka yang menggantungkan hidupnya dari foto, mungkin tidak akan setuju. 

Tetapi, bagi yang punya kesempatan untuk berbagi, langkah lisensi bebas bukanlah pilihan yang salah. Banyak orang terkadang justru lebih menghargai lisensi bebas. Mereka tetap memberikan credit kepada pemiliknya.

Ada kalanya langkah kecil, justru bisa mendorong perubahan yang besar. 

Khawatir Masalah Copyright, Ini Cara Tak Biasa dari NASA Khawatir Masalah Copyright, Ini Cara Tak Biasa dari NASA Reviewed by heru handika on Maret 24, 2015 Rating: 5
Diberdayakan oleh Blogger.