Agar Tak Galau Selama Kuliah, Kuasai Skill ini Sejak Awal


Untuk bisa nyaman kuliah, banyak kemampuan dasar yang perlu dipelajari. Di antara yang penting, kemampuan ini lebih penting:

1. Bahasa Inggris

Bagi yang sudah menguasai bahasa Inggris, tidak menjadi masalah. Sebagian orang sudah menguasainya sejak usia dini. Namun, masih banyak yang kemampuan bahasa Inggris-nya sangat terbatas saat masuk kuliah. 

Apakah dengan kemampuan bahasa Inggris pas-pasan bisa sukses kuliah? 

Jawabannya bisa. Namun, akan lebih baik jika meningkatkan kemampuan bahasa Inggris sejak awal kuliah. Skill ini terasa sekali manfaatnya saat menulis skripsi. Karena referensi ilmiah kebanyakan berbahasa Inggris. 

Bahasa Inggris juga memberi peluang untuk berkomunikasi lintas negara. Banyak peluang seminar internasional yang bisa diikuti saat masih kuliah. Ini bisa menjadi nilai tambah saat lulus nanti.

Tapi, tak perlu khawatir jika kemampuan bahasa inggris sangat terbatas saat ini. Menurut saya, yang perlu dilakukan hanya jangan "menakutinya". Tumbuhkan motivasi dalam diri untuk mempelajarinya. Tak harus kaku. 

Bisa dimulai dengan membiasakan diri dengan lagu, film, maupun surat kabar online berbahasa Inggris. Lakukan perlahan dan konsisten. Lalu, grammar gimana? Ini juga bisa dipelajari perlahan. Banyak referensi online yang bisa dimanfaatkan atau membeli bukunya. Intinya, dibiasakan saja dan dinikmati. Terbiasa maka bisa. 

2. Memakai komputer dan menggunakan aplikasi Office

Yang saya maksud disini penguasaan pemakaian komputer lebih dari sekedar dasar. Salah satunya, kemampuan mengatasi masalah komputer. Misalnya, windows bermasalah atau aplikasi bermasalah. Penting juga kemampuan meng-install ulang. Ini sangat bermanfaat mengurangi kegalauan saat laptop rusak ketika sedang banyak tugas kuliah. Tak perlu repot-repot ke service center atau menunggu teman siap menolong. 

Kemampuan memakai aplikasi Office juga perlu ditingkatkan, seperti Microsoft Word, Excel, dan Power Point. Saat kuliah akan banyak berhadapan dengan aplikasi tersebut. Dengan lebih mendalaminya, banyak pekerjaan bisa dilakukan lebih cepat. 

Contoh sederhananya, karena ketidak tahuan menyusun Daftar Isi otomatis di Word, banyak orang menghabiskan waktu mengetik manual Daftar Isi ini. Selain membuang waktu, kebanyakan hasilnya berantakan. 
http://www.flickr.com: Quentin Meulepas 


Bagaimana belajarnya? 

Tak ada yang sulit di zaman yang serba online. Apalagi sudah banyak yang memiliki smartphone. Tinggal searching saja. Saya lebih menyarankan menggunakan sumber-sumber berbahasa inggris. Selain lebih lengkap, kita bisa sekalian meningkatkan bahasa Inggris. Kuncinya hanya satu: dinikmati.   

3. Mengetik Sepuluh Jari

Setali tiga uang dengan skill pertama dan kedua, ini sangat penting sekali. Walaupun bagian dari kemampuan berkomputer, saya pisahkan dengan skill kedua karena butuh pembahasan khusus. 

Saat kuliah banyak sekali tugas, terutama yang berbentuk laporan. Kemampuan typing ini akan sangat menghemat waktu anda. Selain itu, juga bermanfaat mengurangi kebosanan menghadapi tugas puluhan halaman.

Kemampuan mengetik sepuluh jari bisa dipelajari online atau pun dengan meng-install programnya di komputer anda. Ketik "free online typing lessons" di Google, maka akan muncul banyak pilihan tempat belajar. Silahkan dipilih yang lebih cocok dengan kita. Salah satu yang cukup menarik: ratatype.com.

Bisa juga dengan meng-install software Typing Master. Software ini bisa di-download secara gratis. Tapi, untuk menggunakan fitur penuh, sangat disarankan menggunakan versi Pro yang berbayar. 

Skill keempat adalah kemampuan berselancar dan etika di dunia maya. Saya akan bahas masalah ini lebih rinci. Nantikan artikelnya. Untuk sementara, mungkin bisa memberikan tanggapan dulu di kolom komentar. Menurut anda, perlu atau tidak skill-skill tersebut?


Agar Tak Galau Selama Kuliah, Kuasai Skill ini Sejak Awal Agar Tak Galau Selama Kuliah, Kuasai Skill ini Sejak Awal Reviewed by heru handika on Maret 25, 2015 Rating: 5
Diberdayakan oleh Blogger.