Ada yang Berbeda dari Sains di tikus.NET

Sumber: http://deviantart.net/


Ketika saya membaca media nasional, saya kecewa mendapati berita sains seperti anak tiri: kadang ada, kadang tak muncul. Ada pun, sebagian besar diselipkan di antara berita teknologi, bahkan kebanyakan hanya seperti hasil translate dari media asing. 

Tak ada yang salah memang. Perhatian kita memang lebih besar terhadap kasus politik, ekonomi, dan sosial-kemasyarakatan. Media pun tidak salah mengutamakan berita populer di masyarakat. 

Apakah sains bukan lah sesuatu yang menarik di masyarakat? Saya tak bisa mengatakan sepenuhnya benar. Namun, ketika dilihat kehidupan sekeliling, ada  kecenderungan demikian. Bidang sains seperti bidang kelas dua. 

Kita bisa melihat bagaimana penemuan-penemuan suatu gejala aneh di alam. Alih-alih mencari jawaban ilmiah, masyarakat lebih mengasosiakannya dengan hal mistis. Media pun mengangkat berita seperti ini ke tengah masyarakat dengan jangkauan yang lebih luas. 

Berangkat dari kekecewaan, ide sains muncul sebagai bagian penting dalam blog ini. Saya pisahkan topiknya dari teknologi. Tak menutup kemungkinan ada topik yang saling berkaitan, tapi sains tetap mendapat tempat yang spesial di blog ini. 

Ide besarnya, saya ingin mengangkat topik-topik dari jurnal ilmiah. Keaktifan saya di bidang ini, membuka akses yang luas terhadap jurnal tersebut. Saat menulis artikel ini, saya sudah lama rutin membacanya: hingga satu jurnal, bahkan lebih per hari. Semua jurnal yang saya baca, terkadang juga membikin summary-nya, ingin rasanya juga bisa dinikmati orang lain.

Mudah-mudahan bisa memberikan kesan yang berbeda terhadap artikel di blog ini. Setahu saya, tak ada media nasional yang menulis informasi sains langsung dari jurnal ilmiah. Seperti yang saya sebutkan di atas, sebagian besar diangkat dari berita ilmiah yang diberitakan media asing. 

Ini juga tak salah sebenarnya. Jangankan media, mahasiswa saja kesulitan mengakses jurnal di negeri yang katanya kaya ini. Padahal mereka lebih membutuhkan. Saya hanya beruntung punya banyak akses. Mudah-mudahan keberuntungan itu bisa terus menguatkan saya untuk berbagi di blog ini. 

Ada kemungkinan saya juga menulis artikel yang terinspirasi dari berita ilmiah media asing. Tapi, saya akan berikan sentuhan yang berbeda. Menelusuri lagi sumbernya dan menulisnya dengan gaya sendiri, bukan sekedar hasil copy-paste atau translate-an.

Ada harapan sains benar-benar populer suatu saat nanti. Bermimpi saja tanpa bangun untuk kemudian mengejarnya, hanya akan menghanyutkan kita dalam angan dan ketidakpastian. Langkah kecil ini berharap berdampak besar di masa depan. 

Saya masih belajar, always will. Tidak akan selalu benar, mungkin juga apa yang saya tulis tidak sesuai dengan yang diharapkan. Ide dan pendapat pembaca dengan sangat terbuka saya terima disini dan di setiap artikel yang saya tulis. Kolom komentar dengan senang hati disediakan untuk berdiskusi. 


Ada yang Berbeda dari Sains di tikus.NET Ada yang Berbeda dari Sains di tikus.NET Reviewed by heru handika on Maret 20, 2015 Rating: 5
Diberdayakan oleh Blogger.