Mendapatkan Jurnal Ilmiah itu Mudah (2)

Ada banyak cara untuk mendapatkan jurnal ilmiah, terutama bagi yang tidak memiliki akses terhadap jurnal berbayar. Saya sudah jelaskan tiga cara yang mudah dan cukup efektif. Berikut saya lanjutkan cara lainnya:


4. Akses Lewat Pustaka Nasional

Saat ini pemerintah telah berlangganan jurnal-jurnal yang cukup berkualitas lewat pustaka nasional. Memang, belum sepenuhnya mencakup jurnal-jurnal populer. Berdasarkan informasi yang saya dapatkan, pendaftaran baru bisa dilakukan di kantor Perpustakaan Nasional RI, Salemba, Jakarta. Jika anda berkesempatan mengunjunginya, sangat disarankan untuk mendaftar sebagai anggota. Informasinya disini. Setelahnya, anda bisa memanfaatkan akses gratis terhadap jurnal-jurnal langganan pustaka nasional. 

5. Lewat Teman atau Dosen yang sedang Kuliah di Luar Negeri

Salah satu kelebihan mereka yang kuliah di negara-negara maju adalah kemudahan akses terhadap scientific paper. Bagi yang berkuliah di dalam negeri dan kesulitan mendapatkan jurnal tertentu, anda bisa memanfaatkan ini. 

Ada yang memperdebatkan masalah legalitasnya. Namun, saya pribadi melihat, kita tak mungkin menyerah dengan kekurangan negara kita. Kebutuhannya juga untuk ilmu pengetahuan. 

Sepanjang yang saya tahu, universitas besar malah membuat bank jurnal atas publikasi pengajar dan peneliti mereka. Jurnal ini dipublikasi dimana saja, kemudian universitas mengumpulkan dan menaruhnya di server mereka.  Sebagian universitas malah membukanya untuk umum. Beberapa dosen dan peneliti juga melakukannya dengan menaruh di website pribadi.

Artinya disini, saya tidak melihat masalah besar dari meminta teman atau dosen untuk mengunduh jurnal pesanan kita. Lebih diutamakan yang bidangnya sama. Sederhana saja, mengunduh jurnal di bidang yang sama dapat juga bermanfaat bagi yang membantu kita, dan tidak melanggar hak mereka di kampus.  

6. Minta Langsung ke Author

Setiap jurnal berbayar biasanya menampilkan abstrak dan kontak koresponden author-nya. Ini bisa diakses siapa saja. Jika masalah belum teratasi, sakit kepala belum terobati. Solusi lainnya yang sangat efektif adalah dengan meminta langsung ke author-nya. 

Saya sudah mencoba ini. Alih-alih mendapat satu jurnal, saya malah dikirimi sekardus bahan bacaan: jurnal, buku, dan karya ilmiah lainnya. Semuanya hard copy, dan sebagian besar berbayar. 

Malahan buku-bukunya cukup populer dengan harga puluhan dollar. Saya akan tulis kiat-kiatnya suatu saat nanti. Simak terus blog ini. Untuk saat ini, setidaknya anda sudah bisa mulai mencobanya.

So, bagaimana menurut anda tips dan triknya? apakah masalah anda sudah teratasi? atau mungkin ada yang punya tips dan trik lainnya? Kolom komentar dengan senang hati disediakan untuk menfasilitasi kita semua. 

Atau mungkin masih bermasalah? Nantikan cara mudah mengembangkan referensi untuk menulis skripsi. 

Mendapatkan Jurnal Ilmiah itu Mudah (2) Mendapatkan Jurnal Ilmiah itu Mudah (2) Reviewed by heru handika on Maret 23, 2015 Rating: 5
Diberdayakan oleh Blogger.