Browser Ini Cepat dan Menghemat Kuota Internet Smartphone Anda

Jika anda pengguna android, pastinya sudah familiar dengan Google Chrome. Selain itu, juga ada Firefox mobile yang cukup popular dikalangan pengguna Android. Di luar kedua itu, masih banyak browser lain yang bisa dinikmati pengguna Android. 

Pada dasarnya, tak ada yang meragukan kecepatan Google Chrome. Firefox juga tidak bisa dibilang lambat. Saya sebelumnya juga menggunakan kedua browser tersebut. Namun, setelah mencoba browser Opera, saya meninggalkan kedua browser tersebut. Mengapa?

1. Tampilan dan Kemudahan Pemakaian

Firefox dan Chrome termasuk mudah dipakai dan tampilan yang cukup mengesankan. Namun, saya lebih menyukai Opera. Bagi saya, lebih bersih dan nyaman. Tidak seperti Firefox dan Chrome, Opera memiliki tiga pilihan antar muka: Phone, Classic, Tablet. 

Tampilan Classic inilah yang jadi alasan saya lebih menyukai Opera. Tampilan ini sangat memudahkan saat browsing dengan satu tangan. Menambah Tab atau pun pindah antar Tab dapat dilakukan dengan mudah. Banyak menu lain yang juga bisa diakses dengan satu tangan.

Sebagai informasi, pilihan Phone lebih ditujukan untuk memaksimalkan area tampilan. Sedangkan Tablet, dimaksimalkan untuk pengguna Tablet -sesuai dengan namanya. 

2. Tombol Exit

Pada Opera, tombol Exit tersedia secara default. Sedangkan Firefox dan Chrome tidak memilikinya. 

Tombol Exit ini sangat memudahkan ketika ingin keluar dari browser setelah membuka banyak Tab. Hanya dengan dua langkah, browser sudah ditutup. Ini sangat menghemat waktu ketika saya ingin menutup browser. 

Pada android sebenarnya tidak perlu menutup browser, agar cepat dibuka ketika dibutuhkan. Saya sendiri lebih suka menutupnya. Ada pendapat yang menyatakan android mampu mengelola aplikasi di-background dengan baik. Saya pribadi, lebih suka membersihkannya untuk mengurangi pemakaian memory. Pengalaman saya, waktu untuk membuka Opera juga cepat. Jadi bukan sebuah masalah.
Tampilan classic Opera (kiri dan tengah), dan Opera di Google Play (kanan)

3. Off-Road Mode

Inilah jawaban dari headline di atas. Ini alasan utamanya. Off-Road mode ini menghemat pemakaian kuota internet. Tergantung pengaturan, saya bisa menghemat pemakaian data hingga 61%, terkadang lebih.  Versi lainnya, Opera Mini malah diklaim pengembang bisa menghemat hingga 90%.

Hemat kouta tentunya juga mempercepat waktu load suatu website. Browser tidak melakukan banyak pengunduhan. Kecepatan pun meningkat. 

Dengan kondisi mobile internet Indonesia yang tidak merata, pada banyak tempat bisa dibilang lambat. Plus, tampilan yang clean dan mudah digunakan.

Nama besar Opera Software juga bisa menjadi jaminan. Belum lagi keamanannya. Browser ini bisa menjadi solusi bagi yang bosan memakai browser bawaan. 

Selamat mencoba. Browser ini Gratis. Bagi yang sudah mencoba, bagaimana menurut anda browser ini? Silahkan tulis di kolom komentar di bawah.



Browser Ini Cepat dan Menghemat Kuota Internet Smartphone Anda Browser Ini Cepat dan Menghemat Kuota Internet Smartphone Anda Reviewed by heru handika on Maret 22, 2015 Rating: 5
Diberdayakan oleh Blogger.